BeritaHR

Media Belajar Human Resources

UMKM Antusias Ikuti Seminar detikcom-Google

leave a comment »

Jakarta – KoranHR.com,

Seminar yang diselenggarakan detikcom bekerja sama dengan Google 14 Agustus 2008 lalu banjir peserta. Jumlah peserta dari para pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) yang hadir di luar dugaan. Seluruh kursi yang disediakan peserta penuh, bahkan banyak peserta yang berdiri.

Seminar detikcom-Google ini bertema ‘Memanfaatkan Internet Untuk Pengembangan Bisnis’ yang ditujukan untuk para pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah. Seminar diselenggarakan di The Ritz Carlton Grand Pacific Place, Jakarta. Sekitar 300 pelaku UMKM dari berbagai industri hadir.

Dalam seminar tersebut, Eva Yusuf dari Synovate Indonesia menyampaikan hasil riset Synovate tentang perilaku berinternet masyarakat Indonesia. Kemudian Budiono Darsono, salah satu pendiri detikcom (saat ini juga menjadi Pemimpin Redaksi detikcom), memberikan kiat-kiat agar UKM dapat memanfaatkan internet untuk pengembangan bisnis di pasar lokal, termasuk dengan memanfaatkan layanan dari detikcom seperti blogdetik, detikPublishing, dan AdPoint.

Sementara itu di sesi terakhir, Derek Callow – Marketing Manager SouthEast Asia, Google, Inc. – berbicara mengenai Google AdWords ™ sebagai sebuah platform online advertising yang dapat dimanfaatkan para pelaku bisnis untuk mempromosikan produk dan layanannya.

Dalam presentasinya, Eva Yusuf mengatakan bahwa pada tahun 2007 terdapat sekitar 23 juta pengguna internet di Indonesia dan diproyeksikan akan meningkat menjadi sekitar 27 juta pada akhir tahun 2008. Perkembangan jumlah pengguna internet ini menjadi peluang bagi pengusaha UMKM untuk mempromosikan produknya melalui internet.

Sedangkan Budiono Darsono menyampaikan bahwa UKM bisa ikut memanfaatkan peluang layanan di detikcom untuk menjangkau pasar lokal. Dengan 8,6 juta pengunjung (menurut comScore Media Metrix), detikcom adalah sarana tepat untuk berpromosi.

UMKM dapat menggunakan blogdetik.com sebagai website karena gratis, mudah, memiliki kapasitas dan infrastruktur yang memadai. Kemudian, detikPublishing dapat dipakai sebagai sarana menulis sendiri business release secara online agar dapat dibaca oleh pengunjung detikcom. Selain itu, AdPoint juga merupakan layanan beriklan murah dan fleksibel yang cocok dipakai oleh UKM karena dapat dimulai dengan deposit Rp 250.000,-.

Di sesi terakhir, Derek Callow mengatakan bahwa online advertising, khususnya search marketing, dapat menjadi pendorong pertumbuhan bisnis bagi hampir 50 juta pelaku UKM di Indonesia dan Google AdWords adalah salah satu cara beriklan online yang cost-effective dan highly-targeted.

Para peserta yang hadir tampak antusias mengikuti seminar ini. Banyak pertanyaan yang mereka sampaikan kepada tiga narasumber tersebut. Bahkan, Budiono Darsono, selain dihujani banyak pertanyaan mengenai kisah sukses detikcom, juga menerima banyak masukan mengenai peningkatan layanan detikcom.

Google juga merasa puas dengan seminar yang digelar pertama kali di Indonesia ini. Karena itu, nantikan seminar kerja sama Google-detikcom selanjutnya!

Keterangan Foto:
1. Budiono Darsono saat menyampaikan presentasinya
2. Derek Callow dari Google juga tampil memikat
3. Peserta antusias dengan menyampaikan banyak pertanyaan
4. Para peserta tampak menyimak presentasi dari Google
5. Berebut di bagian pendaftaran.

Sumber : Detik.com

Written by brammantya kurniawan

September 3, 2008 at 4:58 am

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: