BeritaHR

Media Belajar Human Resources

Penghargaan Untuk Perusahaan Yang Peduli Lingkungan

leave a comment »

Jakarta-KoranHR.com,Menuju Indonesia Hijau adalah salah satu program pelestarian lingkungan yang sedang digalakkan oleh Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Lingkungan Hidup Republik Indonesia. Secara tertulis program tersebut tertuang dalam Peraturan Menteri Negara Lingkungan Hidup No.3 Tahun 2006 tentang Program Menuju Indonesia Hijau.

Secara definitif program Menuju Indonesia Hijau merupakan suatu instrumen pengawasan lingkungan hidup yang dapat mendorong peningkatan kinerja pemerintah kabupaten dalam mengimplementasikan peraturan perundang-undangan konservasi sumberdaya alam dan pengendalian kerusakan lingkungan di daerahnya masing-masing.

Salah satu bentuk nyata dari program Menuju Indonesia Hijau adalah pemberian Anugrah Lingkungan Proper (Program Penilaian Peringkat Kinerja Perusahaan) 2008 yang pada 31 Juli 2008 lalu digelar di Balai Sudirman Jakarta. Menurut Menteri Lingkungan Hidup Rahmat Witoelar dalam sambutannya mengatakan, “Perusahaan yang mendapatkan peringkat terbaik, Emas dan Hijau, tidak hanya menunjukkan keseriusan mereka dalam mengelola lingkungan, namun juga telah menjalankan program Corporate Social Responsibility secara tepat.”

Salah satu perusahaan pertambangan yang mendapat kehormatan menerima anugrah tersebut adalah PT Adaro Indonesia yang berhasil mendapatkan Proper Hijau, padahal pada anugrah-anugrah sebelumnya perusahaan yang biasanya mendapat Proper Hijau adalah perusahaan-perusahaan panas bumi. PT Adaro Indonesia merasa sangat bersyukur karena kerja keras mereka selama ini dihargai dan tidak sia-sia.

General Manager Operational PT Adaro Indonesia menyatakan bahwa selama ini secara rutin pihak Adaro melakukan isnpeksi rutin terpadu, bersama para kontraktor yang menjadi mitra kerjanya guna memastikan Good Mining Practice dapat berjalan secara konsisten dan K3LH (Kesehatan dan Keselamatan Kerja serta Lingkungan Hidup) dapat terlaksana dengan baik. Dengan demikian, semua pihak baik para pekerja dapat merasa senang dan bekerja secara efisien dan lingkungan sekitar tambang dapat tetap terjaga kelestariannya.

Written by brammantya kurniawan

August 13, 2008 at 1:54 am

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: