BeritaHR

Media Belajar Human Resources

2008, Provinsi Sumut Peroleh Dana Sebesar Rp34 Miliar Lebih

leave a comment »

Medan-KoranHR.com,Dalam upaya mengatasi berbagai permasalahan dalam bidang ketenagakerjaan dan ketransmigrasian, Depnakertrans melaksanakan berbagai kebijakan strategis, yang salah satunya adalah program Aksi Gerakan Penanggulangan Pengangguran (GPP). Pelaksanaan program Aksi GPP ini meliputi berbagai daerah di seluruh wilayah Indonesia,” kata Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi RI Dr Ir Erman Suparno MBA MSi dalam sambutannya pada pembukaan pelaksanaan Program Aksi Gerakan Penanggulangan Pengangguran (GPP) Sumut tahun 2008, Jumat (1/8) di Tapian Daya Medan, Jalan Gatot Subroto Medan.

Sumatera Utara pada tahun 2008 diberikan dana Rp 34.117.816.900 dengan penyerapan tenaga kerja lebih kurang 155.867 orang. Alokasi dana untuk program aksi GPP terdiri dari dana tugas perbantuan sebesar Rp 21.436.523.000, dana dekonsentrasi bidang ketenagakerjaan dan ketransmigrasian sebesar Rp 3.474.404.000 serta bantuan langsung dari Menakertrans sebesar Rp 7.206.899.900.(Bersambung Ke halaman 4 Kol 5)

Program Aksi GPP yang merupakan bagian dari Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri (PNPM-M) adalah kegiatan pemberdayaan masyarakat yang bertujuan untuk menciptakan kesempatan kerja dalam rangka menanggulangi pengangguran dan kemiskinan.
Dana tersebut dialokasikan untuk mendukung berbagai kegiatan pemberdayaan masyarakat yang meliputi kegiatan padat karya infrastruktur dan produktif, pemberdayaan masyarakat mandiri, gremeen bank, penerapan teknologi tepat guna, kewirausahaan, pendayagunaan tenaga kerja pemuda mandiri profesional dan pendampingan serta job fair, subsidi program pelatihan, pembangunan BLK Simalungun, Humbang Hasundutan dan Tapanuli Selatan serta subsidi uang muka perumahan pekerja.

Pemerintah juga memberikan subsidi untuk pembangunan perumahan pekerja/karyawan sebesar Rp 7,5 juta-Rp 14 juta. Juga Jamsostek memberikan uang muka perumahan sebesar Rp 20 juta. Diungkapkan Menteri, salah satu isu ketenagakerjaan yang dihadapi Indonesia adalah ketidakseimbangan pertumbuhan angkatan kerja dengan kesempatan kerja yang ada. Ketidakseimbangan ini disebabkan terbatasnya penyerapan tenaga kerja dan ketidaksesuaian antara kualitas kerja dengan persyaratan jabatan yang ada.
Oleh karena itu, dibutuhkan kerjasama yang erat antara pemerintah pusat, pemerintah daerah, dunia usaha agar secara bersama-sama melakukan perluasan kesempatan kerja, meningkatkan ekonomi masyarakat, menciptakan iklim usaha yang kondusif serta menjalin hubungan harmonis antara pengusaha dan pekerja.
Menakertrans Dr Ir Erman Suparno MBA MSi melakukan penandatanganan prasasti, pelepasan AKAD serta melantik kepengurusan Asosiasi Produktivitas Nasional Indonesia (APNI), Dewan Keselamatan dan Kesehatan Kerja Wilayah (DK3W), Forum Komunikasi Alumni Magang Jepang, Paguyuban, Mie dan Bakso serta Paguyuban Kerupuk. Selain itu, Menakertrans menyerahkan beasiswa dan kartu peserta Jaminan Sosial Tenaga Kerja Luar Hubungan serta penyerahan santunan jaminan kecelakaan kerja dan jaminan hari tua.
Program Perluasan Kepesertaan Jamsostek tersebut merupakan wujud nyata upaya pemerintah untuk meningkatkan kesejahteraan pekerja/buruh melalui penyelenggaraan jaminan sosial tenaga kerja.
Acara juga dimeriahkan dengan kehadiran pelawak nasional Doyok, Kadir yang tampil memukau di hadapan Gubsu Syamsul Arifin, Anggota DPD-RI asal Sumut Parlindungan Purba SH MM dan undangan lainnya. Menakertrans juga berkesempatan untuk bernyanyi bersama dengan pelawak dan diikuti dengan ratusan calon tenaga kerja yang akan bekerja ke Jepang.
Pada kesempatan tersebut Menakertrans juga berpesan kepada tenaga kerja yang akan bekerja di Jepang untuk menjaga nama harum bangsa, berdisiplin, menjaga etos kerja, menjunjung tinggi budaya dan lainnya. Serta mengajak masyarakat untuk bersama-sama menanggulangi kemiskinan dan pengangguran yang merupakan tanggung bersama semua lapisan masyarakat. (M21/q)

Written by brammantya kurniawan

August 11, 2008 at 7:28 am

Posted in Berita

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: