BeritaHR

Media Belajar Human Resources

[Hukum-Online] FYI, Tentang IMB Lagi.

leave a comment »

Dear Pak Hendra Wijana,

 

Saya coba memberikan PERDA & artikel dari daerah Makassar. Karena pertanyaan ini bermula dari Bapak Udin atau lengkapnya bernama Bapak Wahyudin Wolley (maaf yach Pak Udin, semoga saya tidak salah menulis nama Bapak) sebagai Ketua Makassar Digimode Club.

 

Semoga Pah Hendra dan Pak Udin juga selalu dalam keadaan Sehat, Sukses dan Bahagia. Namun mohon kepada Pak Hendra jawaban standard saya ini jangan diforward lagi buat Forum lainnya.

 

Karena saya juga memiliki keterbatasan dalam menjawab, serta masih membukakan pintu masukan yang sebesar-besarnya kepada para ahli dan pakar yang bergabung disini.

 

Salam balik

 

David Tampubolon

 

====================================

 

Artikel nya sangat bagus pak tampubolon, supaya ditiru oleh Pemda lainnya. Kalau ada artikel lainnya, tolong di posting pak tampubolon. Semoga Pak Tampubolon selalu dalam keadaan Sehat, Sukses dan Bahagia.

 

Salam

 

Hendra Wijana
 

 

=================================================================

 

Jenis Perizinan

 

Friday, 30 March 2007

1.

Izin Mendirikan Bangunan selanjutnya disingkat IMB adalah Izin Mendirikan Bangunan sebagaimana dimaksud dalam Peraturan Daerah Kota Makassar Nomor 15 Tahun 2004.

2.

Izin Pemasangan Reklame adalah Izin yang diberikan atas pemasangan Reklame dalam wilayah Kota Makassar berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

3.

Izin Gangguan adalah Izin Gangguan sebagaimana dimaksud dalam Peraturan Daerah Kota Makassar Nomor 6 Tahun 2004.

4.

Izin Trayek adalah Izin Trayek sebagaimana dimaksud dalam Peraturan Daerah Kota Makassar Nomor 14 Tahun 2002.

5.

Izin Usaha Kepariwisataan adalah Izin Usaha Kepariwisataan sebagaimana dimaksud dalam Peraturan Daerah Kota Makassar Nomor 2 Tahun 2002.

6.

Izin Pemakaian Kekayaan Daerah untuk Penggalian Jalan adalah Izin Pemakaian Kekayaan Daerah Untuk Penggalian Jalan sebagaimana dimaksud dalam Peraturan Daerah Kota Makassar Nomor 4 Tahun 2004.

7.

Izin Usaha Industri adalah Izin Usaha Industri sebagaimana dimaksud dalam Peraturan Daerah Kota Makassar Nomor 3 Tahun 2002.

8.

Izin Usaha Perdagangan (IUP) Kecil adalah Izin Usaha Perdagangan yang diberikan kepada perusahaan yang melakukan kegiatan usaha Perdagangan dengan Modal kekayaan bersih (netto) Perusahaan seluruhnya sampai dengan Rp.200.000.000(Dua Ratus Juta Rupiah) tidak termasuk tanah dan bangunan.

9.

Izin Usaha Perdagangan (IUP) Menengah adalah Izin Usaha Perdagangan yang diberikan kepada perusahaan yang melakukan kegiatan usaha Perdagangan dengan Modal kekayaan bersih (netto) seluruhnya diatas Rp.200.000.000(Dua Ratus Juta Rupiah) sampai dengan Rp.500.000.000 (Lima Ratus Juta Rupiah) tidak termasuk tanah dan bangunan.

10.

Izin Usaha Perdagangan (IUP) Besar adalah Izin Usaha Perdagangan yang diberikan kepada perusahaan yang melakukan kegiatan usaha Perdagangan dengan Modal kekayaan bersih (netto) seluruhnya diatas Rp.500.000.000 (Lima Ratus Juta Rupiah) tidak termasuk tanah dan bangunan.

11.

Izin Penyelenggaraan Latihan dan Izin Operasional Bursa Kerja Khusus adalah Izin sebagaimana dimaksud dalam Peraturan Daerah Kota Makassar Nomor 5 Tahun 2002.

12.

Izin Perfilman,Pameran ,Percetakan/Grafika adalah Izin Perfilman,Pameran ,Percetakan/Grafika sebagaimana dimaksud dalam Peraturan Daerah Kota Makassar Nomor 6 Tahun 2002.

 

 

Izin Mendirikan Bangunan (IMB)

 

Sunday, 08 April 2007

TATA CARA PEMBERIAN IZIN MENDIRIKAN BANGUNAN

Untuk mendapatkan Izin Mendirikan Bangunan, pemohon mengajukan permohonan kepada Walikota melalui Kepala Kantor Pelayanan Perizinan dengan mengisi formulir yang telah disiapkan Kantor Pelayanan Perizinan dengan melampirkan persyaratan administrasi sebagai berikut

a.

Foto copy Kartu Tanda Penduduk (KTP) pemohon yang berlaku.

b.

Foto copy surat bukti pemilikan/penguasaan tanah ;

c.

Foto copy lunas Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) tahun berjalan;

d.

Surat pernyataan tidak keberatan dari tetangga ;

e.

Surat pernyataan pemohon bahwa lokasi/tanah tidak dalam keadaan sengketa dan diketahui Luran dan Camat setempat ;

f.

Gambar rencana bangunan dan perhitungan konstruksi 5 (lima) rangkap dengan melampirkan Surat Izin Perencana Bangunan (SIPB)

g.

Pas foto ukuran 3 x 4 cm sbanyak 2 lembar.

 

 

Kantor Pelayanan Perizinan melakukan penelitian berkas atau persyaratan pemohon sebagaimana dimaksud dan apabila telah memenuhi persyaratan, maka Kantor Pelayanan Perizinan paling lambat 2 (dua) hari setelah menerima berkas pemohon melanjutkan berkas permohonan kepada Dinas Tata Bangunan untuk mendapatkan rekomendasi dengan menggunakan format yang disediakan oleh Kantor Pelayanan Perizinan.

 

 

Sebelum mengeluarkan rekomendasi sebagaimana dimaksud, Dinas Tata bangunan melakukan peninjauan lapangan dengan memperhatikan syarat – syarat tehnis antara lain :

a.

Persyaratan Arsitektur :

1.

Situasi tata letak bangunan;

2.

Garis Sempadan Pagar (GSP) dan Garis Sempadan Bangunan (GSB);

3.

Bentuk ukuran dan perlengkapan ruang yang memenuhi syarat kesehatan dan keselamatan umum;

4.

Tata ruang luar termasuk saluran pembuangan,peresapan air hujan dan jalan/jembatan;

5.

Prosentase luas lantai dan terhadap persil/pekarangan berdasarkan kepentingan kesehatan,lingkungan dan pencegahan kebakaran ;

6.

Mencegah gangguan pandangan lalu lintas,keamanan dan keselamatan umum dan pencemaran lingkungan ;

7.

Petunjuk persyaratan khusus menurut klasifikasi penggunaan bangunan-bangunan umum.perniagaan,pendidikan,industri,kelembagaan,rumah tangga dan bangunan yang diklasifikasi khusus (TNI,Otorita,Pemerintahan Pusat).

 

 

b.

Persyaratan Struktur Bangunan :

1.

Sistem Konstruksi untuk bangunan satu lantai,bertingkat dan bangunan dengan konstruksi khusus ;

2.

Bahan Konstruksi dari kayu,baja,beton dan sejenisnya :

3.

Ketahanan konstruksi terhadap gempa,api,air dan cuaca.

 

 

c.

Perlengkapan Mekanikal dan Elekrikal :

1.

Jaringan air bersih,air kotor (black water) dan jaringan pembuangan air hujan ;

2.

Instalasi listrik dan perlengkapannya ;

3.

Instalasi telekomunikasi/telepon ;

4.

Instalasi penangkal petir.

 

 

Hasil pelaksanaan peninjauan lapangan sebagaiman yang dimaksud pada ayat (1) dituangkan dalam Berita Acara Peninjauan Lapangan (BAPL) yang merupakan sala satu lampiran rekomendasi ;

 

Dinas Tata Bangunan mengeluarkan Rekomendasi maksimal 10 (sepuluh) hari kerja disampaikan kepada Kantor Pelayanan Perizinan yang berisi mengenai terpenuhinya syarat tehnis untuk diproses pemberian izinnya dan penetapan besarnya pungutan dan dasar pengenaan retribusi daerah ;

 

Apabila dalam batas waktu yang telah ditentukan sebagaimana yang dimaksud pada ayat (3) tidak juga mengeluarkan rekomendasi maka Kepala Dinas wajib menyampaikan secara tertulis alasan-alasan sehingga rekomendasi tidak dikeluarkan ;

 

Rekomendsi sebagaimana dimaksud pada ayat (3) merupakan persyaratan penerbitan Izin Mendirikan Bangunan yang berisi mengenai data dasar dan pengenaan retribusi daerah kepada yang bersangkutan (pemohon).

 

Kantor Pelayanan Perizinan menerima rekomendasi dan pengantar STS dari Dinas Tata Bangunan sebagaimana dimaksud dalam dalam rangkap 3 (tiga) yang terdiri dari :

a.

rekomendasi asli sebagai arsip Kantor Pelayanan Perizinan Kota Makassar.

b.

masing-masing salinan rekomendasi,untuk :

1.

salinan pertama disampaikan kepada pemohon;

2.

salinan kedua sebagai arsip pada unit tehnis bersangkutan.

 

Kantor Pelayanan Perizinan menyampaikan kepada pemohon melalui jasa Kantor Pos atau melalui telepon bahwa berkas pemohon telah memenuhi syarat-syarat untuk diterbitkan izinnya dan yang bersangkutan (pemohon) diundang untuk memenuhi kewajibannya;

 

Berdasarkan penyampaian tersebut sebagaimana dimaksud, pemohon memenuhi kewajibannya dengan membayar biaya izin dengan menyetorkannya kedalam rekening Pemekang Kas Daerah melalui loket yang tersedia pada Kantor Pelayanan Perizinan;

 

Bukti Pembayaran izin sebagaimana dimaksud pada ayat (3) dalam bentuk STS disampaikan kepada dinas tehnis secara berkala.

 

Setelah pemohon menyelesaikan kewajibannya dengan membayar biaya izin,maka izin asli disampaikan kepada pemohon dalam tempo 1 x 24 jam (satu hari) dari tanggal penerimaan pelunasan pembayaran kewajiban pemohon.

 

Izin sebagaimana dimaksud pada ayat (1) diterbitkan dalam rangkap 4 (empat) untuk kepentingan :

a.

Asli untuk pemohon yang bersangkutan;

b.

Salinan satu untuk dinas tehnis yang bersangkutan;

c.

Salinan dua untuk Camat/Lurah yang bersangkutan;

d.

Salinan tiga untuk arsip.

 

Proses penyelesaian Izin Mendirikan Bangunan selambat-lambatnya dalam 12 (dua belas ) hari kerja (ketentuan berkas telah dilengkapi pemohon)

 

  

.: Sulsel

 

Selasa, 03-06-2008 

Bangunan Liar Marak di Bambapuang, Ada Pejabat Dituduh Bermain

ENREKANG, BKM – Kawasan di sepanjang jalan poros Gunung Bambapuang, Enrekang, telah ditetapkan sebagai daerah terlarang untuk mendirikan bangunan. Hal ini telah ditegaskan dalam Perda No.19 tahun 2004 tentang pemberian Izin Mendirikan Bangunan (IMB).
 

Berdasarkan Perda tersebut, Dinas Tata Ruang tidak diperkenankan mengeluarkan IMB kepada masyarakat yang ingin membangun di kawasan itu. Kenyataannya di lapangan, Perda tersebut seolah diabaikan masyarakat. Buktinya, di sepanjang jalan tersebut telah berdiri puluhan bangunan permanen. Bahkan, beberapa diantaranya masih dalam tahap pengerjaan.
Pelaksana Tugas Dinas Tata Ruang Enrekang, Firman Hasri, saat dikonfirmasi di kantornya, kemarin, mengaku heran. Karena pihaknya tidak pernah mengeluarkan IMB untuk pembangunan di kawasan Bambapuang tersebut. Namun di lapangan, kata dia, sudah puluhan bangunan permanen yang berdiri. Anehnya lagi, karena setiap pemilik bangunan mengaku memiliki IMB.
Firman menuding ada oknum pejabat daerah yang bermain dalam hal ini, sehingga meloloskan bangunan itu. Firman juga mengatakan, pihaknya sudah berkali-kali mengadukan hal ini ke DPRD, namun belum ada tindakan di lapangan. ”Untuk penegasan Perda itu, bukan tugas kami. Dinas Tata Ruang hanya melakukan verifikasi terhadap pemohon IMB. Dan saya tidak pernah mengeluarkan IMB di wilayah Bambapuang,” tandasnya.
Menurut Firman, Dinas Tata Ruang tidak memiliki kewenangan untuk melakukan penertiban. ”Ini tugas Satpol PP. Kita sudah sering memberikan masukan,” ungkap Firman.
Kepala Kantor Satpol PP, Abdullah Mudji yang coba dikonfirmasi di ruang kerjanya, ternyata sedang tidak berada di tempat. Menurut salah stafnya, Abdullah Mudji sedang melakukan tugas di lapangan. (K14/mir)

=================================

Serta saya mohon kepada Bapak Hendra Wijana untuk tidak memforwardnya lagi kepada Forum Pembaca Kompas seperti tercantum dalam pesan Bapak No 90288. Karena saya memang khusus menjawab pertanyaan Pak Udin di Forum ini. Walaupun saya juga membaca pertanyaan beliau yang sama dalam Forum Pembaca Kompas tersebut, tapi beliau sdh menjawabnya dalam pesan No 90204. Terima Kasih.

================================= 

 

 

Informasi yang terdapat dalam komunikasi ini ditujukan hanya untuk pengguna pribadi atau badan yang dialamatkan di sini dan lainnya yang memiliki otorisasi untuk menerimanya. Informasi yang terkandung didalamnya mungkin rahasia atau terbatas khusus secara hukum. Apabila anda bukanlah pihak yang dituju, dengan ini diberitahukan bahwa setiap pengungkapan, penggandaan, pendistribusian atau tindakan apapun yang dilakukan mengacu pada isi dari informasi ini adalah dilarang dan melanggar hukum. Apabila anda menerima komunikasi ini secara eror, harap beritahukan dengan merespon e-mail ini dan kemudian menghapusnya dari sistem anda. David Tampubolon tidak bertanggungjawab, baik terhadap kelaikan ataupun kelengkapan transmisi dari informasi yang terdapat dalam komunikasi ataupun atas penundaan akan penerimaannya. E-mail ini mengandung hak cipta. saya tidak bertanggungjawab jika e-mail atau lampirannya dirubah tanpa persetujuan tertulis dari pihak yang bersangkutan.

__._,_.___

———- [ Hukum-Online-subscribe@yahoogroups.com ] ———>
       SARANA MENCARI SOLUSI KEADILAN HUKUM DI INDONESIA
Mailing List Hukum Online adalah wadah untuk saling bertukar pikiran dan berkonsultasi untuk saling membantu sesama. Isi diluar tanggung jawab Moderator.

Notes :
Dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa dan membangun masyarakat Indonesia yang Sadar akan Hukum serta membantu program Corporate Social Responsibility (CSR), maka Milis Hukum Online mencari pembicara yang memiliki kompetensi di bidang Hukum. Tujuannya adalah mencerdaskan & membuat bangsa Indonesia sadar akan Hukum melalui kegiatan/aktivitas yang terjangkau masyarakat.

Apabila anda berminat, kirimkan CV anda ke : hukum.online@yahoo.co.id disertai dengan spesialisasi keahlian anda.
Kami tunggu kabar baik dari rekan-rekan.

Salam
Hukum Online

==================================================
Search Engine Terpopuler Anak Bangsa
http://djitu.com
Gunakan Untuk Kepentingan Anda
==================================================
Health & Spiritual
http://healthconsultancy.blogspot.com/
http://light-energy.blogspot.com/
http://spiritualisindonesia.blogspot.com/
http://healingmedication.blogspot.com/
==================================================
Hobby & Fun
http://dragonfish-arowana.blogspot.com/
http://goldfish-world.blogspot.com/
http://cat-owner.blogspot.com/
http://homeperfumes.blogspot.com/
==================================================
Compensation & Benefit
http://compensationbenefithandbook.blogspot.com/
http://salarysurvey-indonesia.blogspot.com/
Informatif & Bermanfaat bagi HRD
==================================================
Pasang iklan bisnis anda di :
http://www.SentraBisnis.com/
Pusat Iklan baris & Bisnis Populer Indonesia
GRATIS !! GRATIS !!

MARKETPLACE

Attention, Yahoo! Groups users! Sign up now for a one-month free trial from Blockbuster. Limited time offer.

Recent Activity

Visit Your Group

Y! Messenger

Instant hello

Chat in real-time

with your friends.

Search Ads

Get new customers.

List your web site

in Yahoo! Search.

Yahoo! Groups

w/ John McEnroe

Join the All-Bran

Day 10 Club.

.


__,_._,___

Written by brammantya kurniawan

June 27, 2008 at 10:39 am

Posted in Uncategorized

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: