BeritaHR

Media Belajar Human Resources

[Hukum-Online] Enci Ayin

leave a comment »

Senin, 16/06/2008 13:14 WIB

Enci Ayin

oleh : Djony Edward
Wartawan Jaringan Berita Bisnis Indonesia

Sosok Artalyta Suryani sepanjang pekan lalu mendominasi halaman media. Wanita keturunan yang belakangan menjadi beken ini menjadi sorotan media lantaran sepak terjangnya yang mampu menembus jantung pilar hukum Tanah Air, Kejaksaan Agung. Lobinya yang kuat sehingga sejumlah pejabat tinggi di Kejakgung menjadi 'piaraannya'.

Enci Ayin, begitu ia akrab disapa, adalah sosok pendobrak sekaligus penunduk para penegak hukum di Tanah Air. Human relation-nya yang baik memudahkan baginya untuk bergaul dengan kalangan pejabat, melihat potensi ini, tentu ia bukan orang sembarangan.

'Broker besar', begitu media menyebutnya. Kadang ia dijuluki dengan 'penunduk para penegak hukum', tatkala ia juga dijuluki dengan 'pemadam kebakaran'. Entah siapa dan apa profesi yang sebenarnya, tapi paling tidak sejak kasus tertangkapnya Jaksa Urip Tri Gunawan, Ketua Tim 35 Penyelidik Kasus BLBI Kejakgung, hingga diungkapnya percakapan Ayin dengan pejabat tinggi Kejaksaan Agung lainnya, kita boleh menyimpulkan bahwa ia adalah orang utusan konglomerat. Tugasnya, untuk menjembatani penanganan kasus yang melanda sang konglomerat dengan para pejabat hukum, celakanya para pejabat hukum itupun kepincut.

Wishtleblower

Lepas dari sosoknya yang misterius, sepak terjangnya, paling tidak telah berhasil mengoordinasikan sebuah proses hukum, bahkan keputusan hukum, yang sesuai dengan selera si pemberi order. Mengecewakan rakyat, menguntungkan konglomerat.

Adalah Komisi Pemberantas Korupsi (KPK) yang mengungkap semua skandal ini. Dengan alatnya yang canggih, KPK berhasil menyadap percakapan telepon antara Ayin dengan sejumlah pejabat tinggi Kejakgung, bahkan pejabat yang bertugas memutuskan perkara Bantuan Likuiditas Bank Indonesia (BLBI). Wajar kalau kasus BLBI terkatung-katung selama lebih dari 10 tahun, terombang-ambing oleh rayuan Ayin dan para krunya.

Dari rekaman yang diungkap di pengadilan KPK pekan lalu, paling tidak disebut sejumlah nama yang memiliki hubungan dengan Ayin. Mulai dari mantan Jampidsus Kemas Yahya Rahman, mantan Direktur Penyidikan Jampidsus M. Salim, Jamdatun Untung Udji Santoso, dan Jamintel Wisnu Subroto. Ada dua nama yang misterius yang juga disebut dalam percakapan Ayin, yakni Joker dan Ferry. Konon Joker yang dimaksud adalah Djoko Tjandra dan Ferry adalah pejabat di KPK.

Tidak seperti pada kasus penangkapan Urip Tri Gunawan, Ayin masih sempat mengeluarkan bantahan bahwa uang itu adalah pemberian pinjaman kepada Urip. Di saat lain dia mengatakan uang itu adalah uang bisnis permata. Dari percakapan Ayin dengan Kemas, Untung dan Urip, sangat jelas bahwa putusan soal BLBI Sjamsul Nursalim telah diskenariokan terlebih dahulu.

Bahkan dalam percakapan Ayin-Kemas, terlihat bahwa ada kepuasan di kedua belah pihak, secara implisit Kemas seolah telah melaksanakan tugas dan tinggal menerima imbalan. Tapi Ayin sempat menyinggung nama Joker, dalam persidangan Joker dimaksud adalah Djoko Tjandra.

Sementara itu dalam perbincangan Ayin-Urip, tersirat jelas bahwa tugas membebaskan Sjamsul Nursalim dari tuduhan BLBI BDNI harus mendapat imbalan. Bahkan terungkap bahasa tubuh yang divokalkan, garuk-garuk kepala, sebagai upaya Urip meminta tambahan upah dari sekadar Rp6,01 miliar.

Sedangkan dari perbincangan Ayin-Untung, terlihat adanya kepanikan kedua belah pihak soal penangkapan Urip. Kepanikan mengindikasikan bahwa skenario yang mereka perbuat bakal terungkap, dan memang akhirnya terungkap. Lalu dibuat skenario baru, kalau Urip ditangkap KPK, maka Ayin akan diselamatkan dengan seolah-olah ditangkap Kejaksaan. Tapi akhirnya Ayin pun ditangkap KPK.

Dari pembicaraan Ayin-Untung juga terungkap bahwa Ayin minta perlindungan dengan Ketua KPK Antasari Azhar dan Ferry (orang KPK). Tapi Untung terlihat tak merespon sambil mengatakan tidak tahu.

Sedangkan dari percakapan Ayin-Urip terungkap, bahwa uang sebesar US$660 ribu adalah sebagai uang tanda terima kasih atas pembebasan kasus BLBI Sjamsul Nursalim. Bahkan Urip minta tambahan upah. Selain itu terungkap kata-kata seorang 'ibu' yang seolah-olah sebagai pemberi uang kepada Ayin untuk disampaikan kepada tuan-tuan Jaksa. Pertanyaannya, apakah kata-kata 'ibu' itu mengacu pada Itjih Nursalim? Ini harus diungkap di pengadilan.

Lepas dari percakapan yang mengemuka, sosok Ayin tetap harus diapresiasi karena suka tidak suka, senang tidak senang, dia telah menjadi pengungkap perkara atau wishtleblower. Bahkan lepas dari sikap Ayin yang diyakini juga tidak menyukai kebetulan perkara ini.

Mungkin ada baiknya Ayin ditaruh di kamar tahanan yang bau kotoran luar biasa, seperti pada kasus Hamka Yandhu yang ditaruh di salah satu sel di Jakarta Barat dengan aroma kotoran yang menyengat. Setelah Hamka 'nyanyi' bahwa dalam kasus aliran dana BI sebesar Rp100 miliar, ada tokoh seperti Paskah Suzetta, Max Moein dan Emir Moeis. Setelah itu Hamka dipindahkan ke sel yang agak teduh dan ber-AC bahkan jauh dari aroma.

Mungkin ada baiknya Ayin dititip sementara di LP Jakarta Barat untuk membuatnya 'bernyanyi' merdu.

Kampung maling

Pernyataan anggota Fraksi Bintang Reformasi Anhar kepada (mantan) Jaksa Agung Abdur Rahman bahwa dirinya seperti 'ustad di kampung maling' sekarang seperti mendapat justifikasi pembenaran. Pada saat kalimat itu diungkapkan memang menimbulkan kegaduhan politik di DPR, Jaksa Agung bersitegang dengan Dewan. Tapi dengan pecahnya kasus Ayin-Urip-Kemas-Untung, memberi bukti bahwa Jaksa Agung Hendarman Supandji pun bak 'ustad di kampung maling'. Wapres sampai geram dan meminta Hendarman untuk memproses hukum, dan bila terbukti memecat, JAM Datun Untung Udji Santoso dan JAM Iintel Wisnu Subroto. Tapi pertanyaannya, apakah hal itu cukup mengatrol kembali citra Kejaksaan Agung yang penuh KKN?

Jika saya jadi Jaksa Agung, maka saya akan memecat JAM Datun dan JAM Intel jika memang terbukti, dan kemudian saya mengundurkan diri sebagai tanggung jawab kegagalan membina moral bawahan. (djony.edward@bisnis.co.id)

__._,_.___

———- [ Hukum-Online-subscribe@yahoogroups.com ] ———>
       SARANA MENCARI SOLUSI KEADILAN HUKUM DI INDONESIA
Mailing List Hukum Online adalah wadah untuk saling bertukar pikiran dan berkonsultasi untuk saling membantu sesama.
1. Bagi Praktisi, Hukum Online : wadah untuk mengasah kemampuan dan bertukar pikiran, ilmu dan pengalaman
2. Bagi yang awam hukum, Hukum Online : wadah untuk berkonsultasi untuk mencari solusi dan memecahkan masalah

Notes :
Dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa dan membangun masyarakat Indonesia yang Sadar akan Hukum serta membantu program Corporate Social Responsibility (CSR), maka Milis Hukum Online mencari pembicara yang memiliki kompetensi di bidang Hukum. Tujuannya adalah mencerdaskan & membuat bangsa Indonesia sadar akan Hukum melalui kegiatan/aktivitas yang terjangkau masyarakat.

Apabila anda berminat, kirimkan CV anda ke : hukum.online@yahoo.co.id disertai dengan spesialisasi keahlian anda.
Kami tunggu kabar baik dari rekan-rekan.

Salam
Hukum Online

==================================================
Search Engine Terpopuler Anak Bangsa
http://djitu.com
Gunakan Untuk Kepentingan Anda
==================================================
Health & Spiritual
http://healthconsultancy.blogspot.com/
http://light-energy.blogspot.com/
http://spiritualisindonesia.blogspot.com/
http://healingmedication.blogspot.com/
==================================================
Hobby & Fun
http://dragonfish-arowana.blogspot.com/
http://goldfish-world.blogspot.com/
http://cat-owner.blogspot.com/
http://homeperfumes.blogspot.com/
==================================================
Compensation & Benefit
http://compensationbenefithandbook.blogspot.com/
http://salarysurvey-indonesia.blogspot.com/
Informatif & Bermanfaat bagi HRD
==================================================

MARKETPLACE

Blockbuster is giving away a FREE trial of – Blockbuster Total Access. <!– var title = ‘TITLE’; try { if (title == unescape(‘%u0054%u0049%u0054%u004C%u0045’) && document.title) title = document.title; var https = false; try {https = document.location.href.indexOf(‘https’)==0}catch(e){} document.write(‘‘); } catch(e){} //–>

Recent Activity

Visit Your Group

Yahoo! Groups

Special K Challenge

Join others who

are losing pounds.

Search Ads

Get new customers.

List your web site

in Yahoo! Search.

John McEnroe

on Yahoo! Groups

Join him for the

10 Day Challenge.

.


__,_._,___

Written by brammantya kurniawan

June 18, 2008 at 8:53 am

Posted in Uncategorized

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: