BeritaHR

Media Belajar Human Resources

Bagaimana Mengukur Evaluasi Training?

leave a comment »

Penulis : Andree MKP

Keinginan belajar dan berbagi untuk orang lain akhirnya terwujud juga setelah kami menerbitkan sebuah buku. Buku “How to Measure 5 Levels of Training Evaluation” yang saya tulis bersama rekan saya Teguh Satriono ini pada awalnya muncul dari keinginan kami yang ingin berbagi pengetahuan dan pengalaman dengan orang lain. Berbekal pengetahuan yang masih terbatas dari bangu kuliah ketika mengambil Program Magister Manajemen di PPM Jakarta serta pengalaman sekian tahun bekerja di beberapa perusahaan pada bidang Human Resources Management dan Training, maka dengan tekad membaja akhirnya terwujud juga penulisan buku ini.

Mengapa kami menulis buku dengan topik Evaluasi Training? Hal itu tidak lepas dari pengamatan kami bahwa belum ada buku karya penulis Indonesia yang secara spesifik membahas tentang evaluasi training. Dengan memahami apa dan bagaimana evaluasi training, diharapkan efektifitas training pun akan dapat diukur. Mengapa efektifitas training begitu penting? Karena pada dasarnya training adalah suatu bentuk investasi yang ditanamkan organisasi pada karyawannya agar dapat meningkatkan kompetensi dan mendukung fungsi pekerjaan dan target-target yang ada.

Melalui konsep evaluasi training dari Jack J Phillips dan Ron Drew Stone dalam bukunya How to Measure Training Result (2002) dengan 5 level evaluasi, yaitu: Reaction, Learning, Behaviour, Result dan Return of Investment (ROTI) maka pembaca akan dapat memahami tahapan evaluasi dari yang sangat simple (reaction) hingga yang sangat kompleks (ROTI). Selain itu agar pembaca lebih mudah menerapkan evaluasi training tersebut, maka kami menyajikan 5 langkah praktis yang terdiri dari: Goals, Data, Measure, Analyze dan Result yang pastinya akan dapat membantu menjalankan masing-masing level evaluasi training tersebut dengan mudah.

Akhir kata tentunya materi buku ini masih jauh dari sempurna mengingat referensinya “hanyalah” berdasarkan pengetahuan dan pengalaman praktis kami semata, namun paling tidak kami berharap dapat menjadi oase yang menyegarkan bagi para pembaca khususnya rekan-rekan yang berkecimpung di dunia Human Resources Management dan Training atau Learning Development
About these ads

Written by brammantya kurniawan

April 21, 2008 at 10:24 am

Posted in Uncategorized

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: